Jumat, 17 Februari 2012

Sistem Pemasaran Produk tempat PI


 Di PT Mayora Indah Tbk. (Jatake 1) Divisi candy khususnya sistem pemasarn produk salah satunya yaitu dengan cara iklan dengan bunyi “Kopiko nomor satu di dunia!” 
          Kopiko memang sudah menguasai pasar dan sudah dijual di 50 negara di dunia.Tak hanya di pasar lokal,sekarang permen Kopiko dengan mudah bisa ditemukan di banyak toko swalayan di berbagai negara. Antara lain di Belanda, Jerman, Australia, Thailand, Malaysia, Filipina, Meksiko, Arab Saudi, Polandia, sampai Afrika Selatan. Dengan slogan “Kopi Banget”, permen yang meluncur sejak tahun 1990-an ini mampu menyihir lidah konsumen di banyak negara. Di pasar lokal, Mayora sekarang sudah menguasai sekitar sepertiga dari total pasar kategori candy. Apalagi, selain Kopiko, Mayora juga punya permen unggulan lainya, yakni Kiss. Kebanyakan produk permen kopi dibikin dengan hanya memakai bahan penambah rasa dan aroma (flavor) kopi saja. Jarang ada permen yang dibikin murni dengan ekstrak kopi.Sementara, Kopiko diolah benar-benar dari ekstrak biji kopi asli. Mayora juga melengkapi dirinya dengan tim riset yang handal. Tim riset inilah yang mencocokan produk Mayora dengan keinginan pasar. Khusus untuk permen kopi, selera pasar lokal dan internasional tidak jauh berbeda. Mayora juga memiliki kantor pemasaran di sejumlah negara. Antara lain Malaysia, Thailand, Filipina, Jerman, dan Polandia. Keberadaan pabrik Mayora di Thailand dengan bendera PT Inbisco Niaga juga menjadi mendukung ekspansi Kopiko di pasar ekspor.Lewat pabrik di sanalah, Mayora mampu menembus pasar di Amerika Serikat. Maklumlah, hingga kini, pasar luar negeri masih mengganggap sebelah mata produk Indonesia. Padahal, produk-produk Mayora yang dibuat di Indonesia sudah mengantongi berbagai sertifikat yang diakui oleh dunia internasional.

         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar